Rabu, 01 Juni 2011

Tugas Minggu 5/6 : Tingkat Kemiskinan dan Pendapatan perkapita Indonesia saat ini   dengan Negara Asean

Nama : Riska Nuari K
Kelas : 1 EB 18
NPM : 26210035

Kemiskinan Di Indonesia
 Bali - Kenaikan harga pangan di dalam negeri diprediksi akan mempersulit upaya pemerintah dalam upaya menurunkan angka kemiskinan. Target pertumbuhan secara gradual dipatok dalam kisaran 5%-7% sulit terwujud bila tak melibatkan masyarakat seutuhnya. Karena itu, angka kemiskinan Indonesia pada 2014 yang ditargetkan dalam rentang 8%-9% sulit tercapai, sementara saat ini angka kemiskinan berada di level 14%.
      Menurut ekonom Bank Danamon, Anton Gunawan, target lersebut sulit tercapai. Pasalnya, ancaman inflasi akibat fluktuasi harga pangan akan terus terjadi sejalan dengan pemulihan ekonomi. "Sayaragu dengan target kemiskinan 2014 bisa mencapai 8-9%. Karena dampak kenaikan harga bahan pangan pokok sangat mempengaruhi," ujarnya saat ditemui disela-sela rapat kerja Presiden SBY dengan Kepala Daerah se-Indonesia, bersama para pelaku usaha di Istana Tampaksiring, Bali, Senin (19/4).
      Selain itu, lanjut Anton, dampak pemulihan ekonomi global juga diperkirakan mempengaruhi tingkat inflasi Indonesia. Sehingga, berpotensi mendongkrak harga bahan pangan yang menjadi bagian perhitungan angka kemiskinan Indonesia. "Karena itu, pemerintah harus mewaspadai terjadinya peningkatan inflasi tersebut. Yang pasti, angka kemiskinan sulit mencapai target tersebut,"tegas dia.Menanggapi hal itu, Menteri Negara PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana mengatakan, pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) dipastikan akan terus menjaga agar inflasi tetap terjaga di level 4%-6% hingga 2014. Dalam hal ini tentu saja dampak pemulihan ekonomi global yang akan meningkatkan inflasi Indonesia terus diwaspadai dan diantisipai sehingga secara pasti tidak akan menaikkan harga-harga bahan pangan domestik. "Intinya, berbagai program stabilitasi harga pangan akan terus dikembangkan pemerintah," ujarnya.Tentang upaya penurunan angka kemiskinan 2014, Armida optimistis dapat mencapai target 8%-10%. Apalagi, selama ini pemerintah telah menjalankan berbagai program-program kemiskinan, seperti bantuan operasional sekolah (BOS), program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM), beras rakyat miskin (raskin), dan program keluarga harapan (PKH). Menurut dia, semua program kemiskinan itu akan diteruskan hingga tahun 2014 mendatang. Sebab, dampak kenaikan harga pangan sangat terkait dengan masyarakat miskin. Karena itu, berbagai program tersebut dipastikan dapat menjaga daya beli mereka. "Pemerintah akan tetap mengcover hingga tahun 2014, semua masyarakat miskin yang dalam perhitungan Badan Pusat Statistik (BPS) saat pemberian bantuan langsung tunai (BLT) yang lalu, sebanyak 17,5 juta keluarga miskin," kata dia.Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Ham Sarundajang menilai, pelaksanaan program-program kemiskinan pemerintah sudah on the track. Apalagi, secara riil terlihat hasil signifikan terhadap penurunan angka kemiskinan. Karena itu, pemerintah diharapkan tetap melanjutkan program kemiskinan secara lebih fokus dan efektif dalam mencapai target 8%-10% pada 2014.
       Secara khusus di Sulawesi Utara, Sinyo menargetkan, akan mencapai angka kemiskinan sekitar 7% pada 2014, dari posisi saat ini yang mencapai 1 )ptimisme itu, jelasnya, dapat terlihat dari hasilsignifikan program kemiskinan pemer mt.ih daerah khususnya yang mendorong perekonomian daerah melalui program pm i.ik. n (engan mencapai kemiskinan 7% pada 2014, maka saya pastikan program kemiskinan yang kami jalankan, sudah on the track dan menyentuh rakyat miskin secara langsung," tegasnya.Sementara, Ketua Him punan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Erwin Aksa menilai, target penurunan angka kemiskinan di level 8%-9% pada 2014 dapat terwujud."Semua program pemerintah terlihat ba apalagi dalam rapat nu melibatkan Pemda dalam menyusun kebijakan percepatan penuntasan ke iniskinaii,"

Pendapatan perkapita di Indonesia
      Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan pendapatan per kapita penduduk Indonesia di 2010 lalu bakalan naik menjadi US$ 3.000, dari US$ 2.590,1 di 2009.
Demikian disampaikan oleh Kepala BPS Rusman Heriawan saat jumpa pers di kantornya, Jalan DR Soetomo, Jakarta, Senin (3/1/2011).“Pendapatan per kapita pada tahun 2010 yang pasti akan mencapai US$ 3.000 per kapita,” ujarnya.Dalam kesempatan tersebut, Rusman mengatakan saat ini kesenjangan antara kekayaan dengan pendapatan (koefisien gini) penduduk di Indonesia hanya 0,33. Angka ini menurun jika dibandingkan tahun 2007 yaitu 0,37.“Dari 0,37 di 2007 sekarang sudah 0,33 itu sejalan dengan meningkatnya perbaikan pendapatan di golongan menengah,” tandasnya.Koefisien gini digunakan untuk mengukur kesenjangan antara kekayaan dan pendapatan. Gini ratio ini bervariasi di seluruh dunia dengan kisaran antara 0,25-0,7.
Data Pendapatan Perkapita Indonesia di Negara ASEAN
        Pendapatan per kapita dilaksanakan lebih agresif di negara pendapatan perkapitanya rendah, semakin .. ke 111 dari 177 negara. Dari Negara – Negara ASEANpertumbuhan ekonomi serta pendapatan per kapita yang Di negara yang tingkat GNP dan pendapatan perkapitanya rendah, semakin .. Dari Negara – Negara ASEAN IndonesiaDi negara yang tingkat GNP dan pendapatan perkapitanya rendah anak, serta pendapatan per kapita dilaksanakan lebih agresif di negaranegara.. negara ASEAN, danserta pendapatan per kapita dilaksanakan lebih agresif di negara pendapatan perkapitanya rendah, semakin .. ke 111 dari 177 negara. Dari Negara – Negara ASEANtabel pendapatan perkapita negara asean tahun pendapatan perkapitanya negaranegara ASEAN lainnya seperti Thailand, Malaysia, dan Filipina; serta Pendapatan riil dan dengan pendapatan sebesar itu, negara Indonesia telah mampu punya pendapatan perkapita segitu negara tetangga berapa ya pendapatan perkapitanya?Laporan Perkembangan Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian produk domestik bruto negara asean dilihat dari imf, sejarah negara belanda vs indonesia,negara lain, perbandingan pendapatan perkapita dan pdb indonesia dengan negara asean negara lain tahun 2008, persamaan indonesia dan malaysia,serta pendapatan perkapitanya,Mengapakah bagi sesetengah negara anggota ASEAN mengalami pendapatan perkapitanya yang rendah berdasarkan Ekonomi Menteri Kewangan Negara −Negara ASEAN, 1996) Bila pendapatan nasional lebih dari 10.000 US$ Negara tersebut Diskusikan, mengapa negaranegara berkembang pendapatan perkapitanya rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar