Kamis, 06 Januari 2011

tulisan pengantar bisnis


Keberhasilan Usaha dan Kegagalan Usaha
1.      1. Keberhasilan Usaha
Pada dasarnya  setiap wirausaha mempunyai  peluang untuk maju. Namun, kenyataannya peluang usaha tersebut  tidak membuahkan hasil yang memuaskan sesuai dengan rencana. Untuk menggali peluang usaha, seorang wirausaha harus berfikir positif dan kreatif diantaranya :
a.       Mempunyai pilihan dan yakin bahwa usahanya bisa dilaksanakan .
b.      Menerima gagasan – gagasan baru dalam dunia usaha.
c.       Mampu menguasai diri sendiri .
d.      Bersedia mendengarkan saran -  saran orang lain .
Sesuatu tidak akan menjadi suatu peluang  jika anda tidak sanggup menemukan tindakan untuk  mewujudkannya.  Peluang usaha dapat dicari pada setiap jenis usaha yang  anda inginkan dan menguntungkan. Dengan mempelajari  dinamika kehidupan masyarakat  yang  sudah maju, anda dapat cocok serta memberi peluang  yang menguntungkan.
Adapun yang menjadi modal utama meraih keberhasilan, diantaranya :
a.       Pola pikir yang mengarah pada sikap dan kemauan untuk sukses .
b.       Kepribadian yang kuat untuk sukses .
c.       Kecakapan dalam mengelola usaha.
d.      Menerakan manajemen usaha yang baik.
e.       Berani menanggung segala resiko dalam usaha.
f.       Kreativitas dab inovatif.
g.       Tingkah laku yang bertanggungjawab.
h.      Pengelolaan waktu yang efektif dan efisien.
2.      Kegagalan Usaha
Beberapa faktor yang menyebabkan wirausaha gagal dalam menjalankan usaha barunya, yaitu sebagai berikut :
a.       Kompetensi dalam Manajerial
Tidak kompeten atau tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan mengelola usaha merupakan faktor penyebab utama yang membuat perusahaan kurang berhasil.
b.      Pengalaman
Kurangnya pengalaman  dalam  memvisualisasikan usaha, kemampuan mengordinasikan, keterampilan mengelola sumber daya manusia, maupun kemampuan mengintegrasikan operasi perusahaan merupakan salah satu faktor  penyebab gagalnya wirausaha.
c.       Pengendalian Keuangan
Agar suatu usaha berhasil dengan baik, faktor yang paling utama dalam pengelolaan usaha adalah memelihar aliran arus kas, yaitu mengatur pengeluaran dan penerimaan uang secara cermat. Kekeliruan dalam memelihara aliran kas akan menghambat operasional perusahaan dan mengakibatkan perusahaan tidak lancar .
d.      Perencanaan
Perencanaan merupakan titik awal dari suatu kegiatan. Jika kita mengalami sekali kegagalan dalam perencanaan, perusahaan / bisnis akan mengalami kesulitan dalam pelaksanaannya.
e.       Lokasi Usaha
Letak lokasi usaha yang strategis merupakan faktor yang menentukan keberhasilan usaha. Lokasi yang tidak strategis dapatb mengakibatkan perusahaan sukar beroperasi karena kurang efisien.
f.       Pengawasan
Pengawasan erat kaitannya dengan efisensi dan efektivitas. Kurangnya pengawasan dapat mengakibatkan penggunaan sumber daya tidak efisien dan efektif.
g.       Kesungguhan Dalam Berusaha
Sikap yang setengah – setengah terhadap usaha akan mengakibatkan usaha yang dilakukan menjadi labil dan gagal. Dengan sikap setengah hati, kenungkinan gagal menjadi besar.
h.      Ketidakmampuan Dalam Melakukan Transisi
Wirausaha yang  kurang siap menghadapi dan melakukan perubahan, tidak akan menjadi wirausaha yang berhasil. Keberhasilan dalam wirausaha hanya bisa diperoleh dengan berani mengadakan perubahan dan membuat peralihan setiap waktu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar