Rabu, 05 Januari 2011

                Tugas Pengantar Bisnis
                    Minggu 5
1.SEBUTKAN FUNGSI  MANAJEMEN  DAN TERAPKAN PADA DIRI ANDA DAN APA MANFAATNYA ?
  Jawab :

  •Fungsi Perencanaan / Planning
   Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.
  •Fungsi Pengorganisasian / Organizing
   Fungsi perngorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.
  •Fungsi Pengarahan / Directing / Leading
   Fungsi Pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.
  •Fungsi Pengendalian / Controling
   Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.
   Manfaat manajemen dalam penerapan sehari – hari agar hidup kita lebih terarah, sebagai mahasiswa kita merencanakan dapat lulus tepat waktu dengan IPK yang memuaskan pula disinilah kita harus memanaj diri kita .
2.APA  CIRI MANAJER  PROFESIONAL  BERDASARKAN KETRAMPILAN MANAJEMEN YG BERKAITAN ?
Jawab :

  Manajemen Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit
      Fungsi manajemen yang dilakukan di rumah sakit secara garis besar meliputi ; perencanaan,pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian.
  1. Perencanaan merupakan salah satu fungsi manajemen yang penting, karena perencanaan memegang peranan yang sangat strategis dalam keberhasilan upaya pelayanan kesehatan di RS. Terdapat beberapa jenis perencanaan spesifik yang dilaksanakan di RS, yaitu : (a) perencanaan pengadaan obat dan logistik, yang disusun berdasarkan pola konsumsi dan pola epidemiologi, (b) perencanaan tenaga professional kesehatan, dalam menentukan kebutuhan tenaga tersebut misalnya ; tenaga perawat dan bidan, menggunakan beberapa pendekatan, antara lain ; ketergantungan pasen, beban kerja, dll.
  2. Pengorganisasian merupakan upaya untuk menghimpun semua sumber daya yang dimiliki RS dan memanfaatkannya secara efisien untuk mencapai tujuannya. Pengorganisasian dalam manajemen pelayanan kesehatan di rumah sakit, sama hal dengan di organisasi lainnya.
  3. Penggerakan pelaksanaan, manajemen rumah sakit hampir sama dengan hotel atau penginapan, hanya pengunjungnya adalah orang sakit (pasen) dan keluarganya, serta pada umumnya mempunyai beban sosial-psikologis akibat penyakit yang diderita oleh anggota keluarganya yang sedang dirawat. Kompleksitas fungsi penggerakan pelaksanaan di RS sangat dipengaruhi oleh dua aspek, yaitu : (1) sifat pelayanan kesehatan yang berorientasi kepada konsumen penerima jasa pelayanan kesehatan (customer service), dengan hasil pelayanan kemungkinan ; sembuh dengan sempurna, sembuh dengan cacat dan meninggal. Apapun hasilnya kualitas pelayanan diarahkan untuk kepuasan pasen dan keluarganya. (2) Pelaksanaan fungsi actuating ini sangat kompleks,karena tenaga yang bekerja di RS terdiri dari berbagai jenis profesi.
  4. Pengawasan dan pengendalian, merupakan proses untuk mengamati secara terus menerus (bekesinambungan) pelaksanaan rencana kerja yang sudah disusun dan mengadakan koreksi (perbaikan) terhadap penyimpangan yang terjadi. Untuk menjalankan fungsi ini diperlukan adanya standar kinerja yang jelas. Dari standar tersebut dapat ditentukan indikator kinerja yang akan dijadikan dasar untuk menilai hasil kerja (kinerja) pegawai. Penilaian kinerja pegawai di RS meliputi tenaga yang memberikan pelayanan langsung kepada pasen, seperti ; perawat, bidan dan dokter maupun tenaga administratif. Adanya indikator kinerja, akan memudahkan dalam melakukan koreksi apabila ada penyimpangan.
3.SEBUTKAN BENTUK – BENTUK  ORGANISASI !
Jawab :

Berdasarkan proses pembentukanya:
  •Organisasi Formal
   Organisasi yang dibentuk secara sadar dan dengan tujuan-tujuan tertentu diatur dengan ketentuan-ketentuan formal baik dalam anggaran dasar maupun anggaran rumah tangga, kegiatan atau hubungan yang terjadi adalah hubungan jabatan sebagaimana diatur dalam ketentuan tertulis
  •Organisasi Informal
   Terbentuk tanpa disadari sepenuhnya, tujuan tidak jelas, anggaran dasar serta anggaran rumah tangga tidak ada, hubungan terjalin secara pribadi
Berdasarkan Kaitan Hubungan dengan Pemerintah:
  •Organisasi Resmi, Organisasi yang di bentuk dengan pemerintah dan atau harus terdaftar dalam lembaran Negara.
  •Organisasi Tidak Resmi, Organisasi yang tidak ada hubunganya dengan pemerintah dan atau tidak terdaftar dalam lembaran Negara
Berdasarkan Skalanya:
  •Organisasi besar
  •Organisasi sedang
  •Organisasi kecil
Berdasarkan tujuannya:
  •Organisasi Sosial, Organisasi yang tujuan utamanya memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa memperhitungkan untung rugi
  •Organisasi Perusahaan, Organisasi yang didirikan dengan tujuan komersil atau mencari keuntungan
Berdasarkan bagan organisasi:
  a.Segitiga Vertikal
  b.Segitiga Horosontal
  c.Kerucut Vertikal Horisontal
  d.Lingkaran
  e.Setengah lingkaran
  f.Oval
Berdasarkan Tipe atau bentuknya adalah :
a.ORGANISASI LINI (LINE ORGANIZATION)
  Diciptakan oleh Henry Fayol, Organisasi lini adalah suatu bentuk organisasi yang menghubungkan langsung secara vertical antara atasan dengan bawahan, sejak dari pimpinan tertinggi sampai dengan jabatan-jabatan yang terendah, antara eselon satu dengan eselon yang lain masing-masing dihubungkan dengan garis wewenang atau komando. Organisasi ini sering disebut dengan organisasi militer. Organisasi Lini hanya tepat dipakai dalam organisasi kecil. Contohnya; Perbengkelan, Kedai Nasi, Warteg, Rukun tetangga
Ciri-ciri:
    • Hubungan antara atasan dan bawahan masih bersifat langsung dengan satu garis wewenang
    • Jumlah karyawan sedikit
    • Pemilik modal merupakan pemimpin tertinggi
    • Belum terdapat spesialisasi
    • Masing-masing kepala unit mempunyai wewenang & tanggung jawab penuh atas segala bidang pekerjaan
a.ORGANISASI LINI DAN STAF (LINE AND STAFF ORG)
  Merupakan kombinasi dari organisasi lini, asaz komando dipertahankan tetapi dalam kelancaran tugas pemimpin dibantu oleh para staff, dimana staff berperan memberi masukan, bantuan pikiranm saran-saran, data informasi yang dibutuhkan:
  Ciri-ciri:
  •     Hubungan atasan dan bawahan tidak bersifat langsung
  •     Pucuk pimpinan hanya satu orang dibantu staff
  •     Terdapat 2 kelompok wewenang yaitu lini dan staff
  •     Jumlah karyawan banyak
  •     Organisasi besar, bersifat komplek
  •     Adanya spesialisasi
b.ORGANISASI FUNGSIONAL (FUNCTIONAL ORG)
  Diciptakan oleh Frederick W. Taylor, Organisasi ini disusun berdasarkan sifat dan macam pekerjaan yang harus dilakukan, masalah pembagian kerja merupakan masalah yang menjadi perhatian yang sungguh-sungguh.
  Ciri-ciri:
  •     Pembidangan tugas secara tegas dan jelas dapat dibedakan
  •     Bawahan akan menerima perintah dari beberapa atasan
  •     Pekerjaan lebih banyak bersifat teknis
  •     Target-target jelas dan pasti
  •     Pengawasan ketat
  •     Penempatan jabatan berdasarkan spesialisasi
c.ORGANISASI LINI & FUNGSIONAL  (LINE & FUNCTIONAL ORG)
 Suatu bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada perkepala unit dibawahnya  dalam bidang pekerjaan tertentu dan selanjutnya pimpinan tertinggi tadi masih melimpahkan wewenang kepada pejabat fungsional  yang melaksanakan bidang pekerjaan operasional dan hasil tugasnya diserahkan kepada kepala unit terdahulu tanpa memandang eselon atau tingkatan.
  Ciri-ciri:
  •    Tidak tampak adanya perbedaan tugas-tugas pokok dan tugas-tugas yang bersifat bantuan.
  •     Terdapat spesialisasi yang maksimal
  •     Tidak ditonjolkan perbedaan tingkatan dalam pemabagian kerja
d.ORGANISASI LINI, FUNGSIONAL DAN STAF (LINE, FUNCTIONAL AND STAFF ORG)
  Organisasi ini merupakan perkembangan lebih lanjut dari organisasi berbentuk lini dan fungsional.
  Ciri-ciri:
  •    Organisasi besar dan kadang sangat ruwet
  •    Jumlah karyawan banyak.
  •    Mempunyai 3 unsur karyawan pokok:
  •    Karyawan dengan tugas pokok (line personal)
  •    Karyawan dengan tugas bantuan (staff personal)
  •    Karyawan dengan tugas operasional fungsional (functional group)

e.ORGANISASI KOMITE (COMMITE ORG)
 Suatu organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu lainnya dilaksakan secara kolektif.
 Ciri-ciri:
  •      Adanya dewan dimana anggota bertindak secara kolektif
  •      Adanya hak, wewenang dan tanggung jawab sama dari masing-masing anggota dewan.
  •      Asas musyawarah sangat ditonjolkan
  •      Organisasinya besar & Struktur tidak sederhana
  •      Biasannya bergerak dibidang perbankan, asuransi, niaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar