Minggu 2
1. a. Mencari modal
b. Menciptakan gagasan apa yang akan didirikan
c. Setelah itu mencari tenaga kerjanya
2. Contoh Rill Perusahaan Berdasarkan Leak / Tempat yaitu :
• Lokasi/letak perusahaan terikat pada alam :
1. Pertambangan pasir
2. Tambak ikan
3. Pertanian
4. Pertambangan Emas
5. Pertambangan Minyak bumi
• Lokasi/letak perusahaan berdasarkan sejarah :
1. Pembatik Cirebon
2. Penenun kain songket
3. Pembatik pekalongan
4. Pengrajin patung toraja
5. Pembatik Solo
• Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pemerintah :
1. Pertamina
2. Kawasan industri tanjung priuk
3. Pertambangan batu bara
4. PLN
5. Perusahaan air minum (PAM)
• Lokasi/letak perusahaan dipengaruhi faktor-faktor ekonomi
• Lokasi/letak perusahaan berdasakan Hubungan/Pergaulan Internasional .
3. Tujuan dari Perusahaan adalah :
• Tujuan Ekonomis yakni : Laba – pelanggan – pengembangan kebutuhan masyarakat dalam hal produk – kualitas, harga, kuantitas, waktu, pelayanan kegunaan – inovatif berkesinambungan – competitive advantage dan cooperative advantage ( berdaya saing btinggi dan jangka waktu panjang )
• Tujuanh Sosial yakni : Keinginan Investor, karyawan, penyedia factor” produksi masyarakat .
4. Pengertian Lingkungan Internal dan Eksternal Perusahaan :
• Lingkungan internal adalah berbagai hal atau pihak yang terkait langsung dengan kegiatan sehari hari organisasi, dan mempengaruhi langsung terhadap setiap program, kebijakan, hingga “denyut nadi” nya organisasi.
• Lingkungan Eksternal meliputi variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi dalam lingkungan kerja.
5. Variabel lingkungan internal dan eksternal yaitu :
Lingkungan Internal : Lingkungan Eksternal :
•Penyedia ● Alam dan Ekolog
•Modal ● Politik
•Tenaga Kerja ● Hukum
Pengaruhnya untuk suatu perusahaan adalah :
• Ekologi : pencemaran udara,air,sampah
• Ekonomi : urbanisasi,pertambahan,penduduk,pajak,dll
• Sosial : kriminalitas,pengangguran
• Politik : pertahanan keamanan
• Hukum : keputusan dan transaksi perusahaan
6. Perbedaan dari POA dan COA :
•producer oriented approach : produsen yang berorientasi pendekatan, maksudnya menjual barang dan
jasa ke pasar.
•consumer oriented approach : konsumen yang berorientasi pendekatan .
Gambarnya sbg berikut :
Ad.1 Producer Oriented Approach Ad.2 Producer Oriented Approach
Konsumen Produsen
Konsumen Produsen Konsumen Produsen Konsumen Produsen
Konsumen Produsen
Seller’s Market Orientasi Produsen Bayer’s Market Orientasi Konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar